Kenali Tanda Pasti Hamil Dengan Test Pack

Kenali Tanda Pasti Hamil Dengan Test Pack

Penggunaan test pack untuk mengetahui kondisi kehamilan seringkali menunjukkan hasil yang tidak pasti apakah hamil ataukah tidak. Hal ini mungkin terjadi karena banyak faktor yang bisa mempengaruhi keakuratan test pack itu sendiri. Meskipun beberapa tanda kehamilan telah dialami, namun hal itu juga belum bisa memastikan kondisi kehamilan yang sesungguhnya, sehingga memanfaatkan testpack terlebih dahulu sebelum memastikannya ke dokter. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai tanda pasti hamil dengan testpack, maka berikut ini adalah uarian selengkapnya untuk Anda.

Keakuratan Test Pack

Untuk mendapatkan hasil test pack yang akurat , maka ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi, diantaranya adalah:

1. Faktor penyimpanan

Test pack sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terlalu panas atau terlalu dingin, jika tidak memenuhi syarat penyimpanan tersebut maka alat test pack menjadi kurang sensitif dan tidak akurat.

2. Faktor pemakaian

Tanda pasti hamil dengan tespack bisa diketahui pada pagi hari ketika mengeluarkan urine yang pertama, karena masih tingginya hormon HCG yang mendeteksi adanya kehamilan, jika digunakan pada sore atau malam hari kemungkinan hasilnya kurang akurat.

Penggunaan Test Pack

Memeriksa kehamilan menggunakan test pack dilakukan dengan cara mendeteksi kadar hormon dalam tubuh yang bisa dideteksi melalui urine, namun masih rendahnya kadar HCG bisa menunjukkan hasil tes yang tidak akurat sehingga kehamilan belum bisa terdeteksi, oleh karena itu perlu dilakukan pengulangan.

Kehamilan dapat diperiksa menggunakan test pack 1 hari setelah terlambat menstruasi dan bisa mengulanginya lagi 1-2 minggu kemudian jika hasilnya masih meragukan. Sedangkan pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur tes kehamilan menggunakan tes pack bisa dilakukan 1-2 minggu setelah berhubungan atau jika menstruasi telah terlambat selama 1 minggu.

Beberapa Tanda Pasti Hamil Dengan Test Pack

Pemeriksaan kehamilan yang menggunakan test pack menunjukkan adanya kehamilan jika ada indikasi dua garis ataupun, + atau -, centang tergantung dari merk tespack yang digunakan.

Beberapa tanda awal kehamilan lainnya adalah adanya flek kecoklatan dalam waktu singkat akibat proses implantasi atau penempelan sel telur yang telah dibuahi dalam rahim. Selain itu tanda pasti kehamilan ditandai dengan adanya detak jantung janin dan gerakan janin.

Untuk mengetahui secara pasti ada tidaknya kehamilan, maka langkah yang paling tepat adalah memeriksakan diri ke dokter kandungan atau bidan agar bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sehingga jika hasilnya positif hamil, bisa dilakukan upaya agar janin tumbuh kembang secara sempurna, dan jika tidak hamil maka bisa dicari solusi yang tepat untuk mengatasi keterlambatan menstruasi. Semoga bermanfaat.