Kualitas Tidur, Mengapa Mengembangkan Rutinitas Malam Hari Itu Penting

Kualitas Tidur, Mengapa Mengembangkan Rutinitas Malam Hari Itu Penting

Saat kita tidak cukup tidur, kita mungkin menjadi lelah, mudah tersinggung, dan kurang produktif. Namun, banyak dari kita yang mendapat anjuran 7 sampai 9 jam tidur setiap malam namun tetap menderita kelelahan sepanjang hari.

Kelelahan setelah tidur malam yang nyenyak biasanya disebabkan oleh kualitas tidur yang buruk. Mungkin ada banyak alasan mengapa kita tidak mendapatkan tidur yang nyenyak, tetapi yang terpenting mungkin adalah kurangnya rutinitas waktu tidur.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana meningkatkan kualitas tidur kita dengan mengembangkan rutinitas malam hari.

Bagaimana Mendapatkan Tidur Lebih Baik

Anda mungkin telah mencoba banyak teknik atau gadget untuk meningkatkan kualitas tidur Anda. Namun, jika Anda kurang rutinitas sebelum tidur, kemungkinan besar Anda tidak akan berhasil mencapai tidur nyenyak setiap malam.

Mengembangkan Rutinitas Malam Hari

Kunci dari kualitas tidur yang baik adalah konsistensi. Buat rutinitas berdasarkan apa yang terbaik untuk Anda dan patuhi itu.

Umumnya, saat mengembangkan ritual sebelum tidur, Anda harus memasukkan hal-hal yang menurut Anda membuat rileks dan menghindari hal-hal yang terlalu merangsang, bahkan jika itu menyenangkan.

Ide Tentang Cara Tidur Lebih Baik

  • Memiliki waktu tidur yang ditetapkan (idealnya sebelum jam 11 malam)

Tidur pada waktu yang sama setiap malam akan membuat tubuh Anda kembali selaras dengan ritme alaminya, yang akan meningkatkan kualitas tidur Anda.

  • Setel alarm kapan harus bersiap tidur

Hampir semua dari kita memiliki alarm untuk bangun, tidak peduli jam berapa kita pergi tidur. Namun, akan lebih bermanfaat untuk tidur kita ketika tubuh kita tahu kapan harus bersiap-siap untuk tidur.

  • Kurangi lampu

Irama sirkadian merespons terang dan gelap. Dengan mengurangi lampu setidaknya satu jam sebelum tidur, terutama cahaya biru dari elektronik, tubuh Anda menerima sinyal bahwa sudah waktunya untuk tidur.

  • Bersantai

Stres akibat hari yang panjang bisa membuat tidur terasa hampir mustahil. Berikut beberapa ide untuk mengurangi stres dan memicu tidur:

  1. Membaca buku

Membaca membantu mengalihkan pikiran Anda dari stres hari itu. Tentu saja, Anda mungkin ingin membaca sesuatu yang tidak terlalu merangsang.

  1. Mandi

Ini akan menurunkan suhu tubuh Anda, yang memberi tahu tubuh Anda bahwa ia akan segera siap untuk tidur. Belum lagi, mandi air hangat yang nyaman bisa sangat menenangkan.

  1. Merenungkan

Meditasi membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang akan membawa banyak manfaat termasuk peningkatan kualitas tidur.

  1. Buat Jurnal

Dengan mencatat pikiran dan peristiwa Anda dari hari itu, Anda membebaskan pikiran dari kekacauan yang sebaliknya akan membuat Anda tetap terjaga.

Apa yang Harus Dihindari

  • Kafein di malam hari

Meskipun kafein di pagi hari dapat membantu Anda merasa lebih terjaga di hari itu, kafeina akan menurunkan kualitas tidur Anda semakin dekat dengan waktu tidur.

  • Makan terlalu banyak sebelum tidur

Yang terbaik adalah tidur dengan perut kosong agar tubuh Anda tidak mencerna makanan saat Anda tidur. Jika Anda harus makan sebelum tidur, makanlah makanan ringan. Lebih baik lagi, minumlah secangkir teh herbal.

  • Olahraga berat sebelum tidur

Melakukan olahraga secara rutin di siang hari akan sangat meningkatkan kualitas tidur Anda, tetapi aktivitas fisik yang intens sebelum tidur akan membuat Anda tetap terjaga.

Selain memiliki rutinitas malam hari yang sesuai untuk Anda, pola makan yang sehat juga berkontribusi pada tidur malam yang nyenyak. Biarkan Z.E.N. Makanan menemani Anda dalam pencarian kebugaran. Kami menawarkan paket pengiriman makanan sehat yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran diet Anda. Biarkan artikel Wisata Pantai Losari membantu Anda!