Makanan Khas Surabaya yang Terkenal

Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, memiliki budaya kuliner yang kaya dan beragam. Dengan berbagai pengaruh budaya dan suku bangsa yang berkumpul di sini, Surabaya telah menjadi surganya makanan enak.

Artikel ini akan membahas beberapa Makanan Khas Surabaya yang Terkenal dan menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kuliner Nusantara.

Promo Lazada Terbaru

1. Rawon Surabaya

Rawon adalah hidangan sup daging sapi yang berwarna hitam pekat berkat bumbu khasnya, terutama kluwek (buah yang menghasilkan pewarna hitam alami). Rawon Surabaya disajikan dengan daging sapi, telur asin, tauge, dan emping (keripik melinjo).

Hidangan ini biasanya disantap dengan nasi putih atau lontong, dan dilengkapi dengan sambal dan irisan jeruk limo yang segar. Kelezatan rawon Surabaya yang gurih dan beraroma khas membuatnya menjadi salah satu makanan wajib dicoba.

2. Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah hidangan khas Surabaya yang unik. Hidangan ini terdiri dari sayur-sayuran, seperti tauge, kangkung, dan mentimun, yang dicampur dengan potongan-potongan cingur (makanan tradisional yang terbuat dari hidung sapi yang dimasak hingga empuk).

Semua bahan ini disiram dengan bumbu rujak yang pedas dan gurih. Rujak Cingur adalah kombinasi yang sempurna antara rasa pedas, gurih, dan segar.

3. Lontong Balap

Lontong Balap adalah makanan ringan yang terdiri dari lontong (nasi yang dimasak dalam bungkus daun pisang), tauge, tahu goreng, tempe goreng, dan emping, yang disiram dengan bumbu kacang dan bawang goreng.

Promo Shopee Terbaru
See also  10 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer dan Enak

Uniknya, nama “Balap” dalam Lontong Balap mengacu pada persaingan penjual yang berlomba-lomba dalam menyajikan hidangan ini dengan cepat kepada pelanggan. Rasanya yang lezat dan tekstur yang beragam menjadikan Lontong Balap sebagai makanan favorit di Surabaya.

4. Soto Ayam Lamongan

Soto Ayam Lamongan adalah hidangan soto khas Lamongan, yang terletak tidak jauh dari Surabaya. Hidangan ini terdiri dari sup ayam yang gurih, mie kuning, irisan daging ayam, telur rebus, dan bawang goreng.

Soto Ayam Lamongan disajikan dengan sambal, jeruk limo, dan kerupuk sebagai pelengkapnya. Kelezatan soto ini terletak pada kuahnya yang kaya rempah dan aroma yang menggugah selera.

5. Tahu Tek-Tek

Tahu Tek-Tek adalah makanan ringan yang populer di Surabaya. Tahu goreng yang renyah disajikan dengan lapisan saus kacang yang gurih dan pedas. Nama “Tek-Tek” berasal dari suara yang dihasilkan saat tahu digeprek menggunakan ulekan.

Hidangan ini biasanya diberi tambahan bawang goreng dan kerupuk. Tahu Tek-Tek adalah pilihan makanan jalanan yang enak dan praktis.

6. Sate Klopo

Sate Klopo adalah hidangan sate khas Surabaya. Daging (biasanya ayam atau kambing) ditusukkan pada tusukan bambu, kemudian dipanggang hingga matang dan dilumuri dengan bumbu kacang yang dicampur dengan kelapa parut (klopo). Sate Klopo memiliki rasa yang unik karena kelapa parutnya yang memberi tekstur gurih dan aroma khas.

See also  7 Makanan Tradisional Jawa Barat yang Populer

7. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi adalah hidangan salad tradisional yang terbuat dari daun semanggi yang dicampur dengan berbagai sayuran seperti kacang panjang, tauge, dan mentimun. Semua bahan ini disiram dengan sambal kacang yang pedas dan gurih.

Pecel Semanggi biasanya dihidangkan dengan lontong atau nasi. Hidangan ini menggabungkan rasa pedas, gurih, dan segar dalam setiap suapan.

Kesimpulan

Makanan khas Surabaya adalah perpaduan yang sempurna antara rasa, aroma, dan keunikan. Saat berkunjung ke Surabaya, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan lezat yang telah disebutkan di atas. Kuliner Khas Jawa Timur akan memberikan pengalaman gastronomi yang tak terlupakan, dan setiap hidangan mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner Nusantara yang memukau.