10 Makanan Khas Bandung yang Paling Populer dan Enak

Bandung, sering disebut sebagai Paris van Java, tidak hanya terkenal karena pemandangannya yang indah, tetapi juga karena kekayaan kuliner yang luar biasa.

Berikut adalah 10 makanan khas Bandung yang populer dan dijamin memanjakan lidah Anda.

Promo Lazada Terbaru

1. Batagor

Batagor, singkatan dari “Bakso Tahu Goreng”, adalah cemilan jalan yang populer di Bandung. Terbuat dari paduan tahu dan ikan tenggiri, batagor digoreng hingga teksturnya renyah dan disajikan dengan saus kacang yang nikmat. Keistimewaan Batagor Bandung terletak pada rasa unik dan lezatnya yang membangkitkan selera.

2. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah nasi yang dibungkus dalam daun pisang dan kemudian dipanggang. Biasanya disajikan dengan lauk seperti ayam goreng, ikan asin, dan sambal, Nasi Timbel menawarkan kombinasi rasa yang harmonis dan aroma daun pisang yang khas.

3. Cuanki

Cuanki, sebuah hidangan sup ikan yang terkenal di Bandung, menampilkan perpaduan bakso ikan, tahu, dan mie dalam kuah yang ringan namun penuh cita rasa. Menyajikan kehangatan dan kelezatan dalam setiap mangkuknya, Cuanki menjadi pilihan ideal untuk makan malam yang nyaman dan memuaskan.

4. Seblak

Seblak merupakan makanan khas yang dikenal akan rasa pedasnya yang menggigit. Terbuat dari kerupuk basah yang telah direndam lalu dimasak dengan bumbu-bumbu pilihan, sajian ini sering kali ditambah dengan variasi seperti telur, sosis, atau seafood. Karakteristik utama Seblak adalah rasa pedasnya yang menantang, membangkitkan selera siapa saja yang mencobanya.

See also  7 Makanan Tradisional Jawa Barat yang Populer

5. Pisang Bollen

Pisang Bollen, camilan manis khas ini dibuat dari pisang yang dilapisi adonan pastry dan kemudian dipanggang hingga matang. Dengan tekstur luar yang renyah berpadu dengan kelembutan pisang di dalamnya, Pisang Bollen menjadi pilihan favorit bagi banyak pecinta makanan manis.

Promo Shopee Terbaru

6. Peuyeum

Peuyeum adalah tape singkong khas Bandung. Fermentasi singkong menghasilkan rasa yang manis dan sedikit beralkohol. Peuyeum sering dijadikan bahan untuk membuat aneka kudapan, seperti kue dan es krim.

7. Es Lilin

Es Lilin, varian es krim tradisional, dibuat dari campuran santan dan beragam buah tropis. Setelah dituang ke dalam cetakan plastik dan dibekukan, es ini menjadi hidangan penutup yang segar dengan cita rasa buah yang otentik dan memikat. Es Lilin sangat cocok dinikmati sebagai penyegar di hari-hari yang panas.

8. Martabak Manis

Martabak Manis, juga dikenal sebagai “Terang Bulan”, adalah sejenis pancake yang tebal dan diisi dengan aneka topping seperti coklat, keju, dan kacang. Kelembutan teksturnya bersama dengan kekayaan topping menjadikan Martabak Manis camilan yang sangat disukai banyak orang.

9. Lotek

Lotek, mirip dengan Gado-Gado, adalah salad sayuran khas yang disiram dengan saus kacang yang kaya rasa. Yang membedakannya adalah penggunaan bumbu rempah yang lebih beragam. Lotek biasanya dinikmati bersama lontong atau nasi, memberikan kombinasi yang mengenyangkan dan menyehatkan.

See also  Makanan Khas Surabaya yang Terkenal

10. Cireng

Cireng, singkatan dari “aci digoreng” (tepung kanji goreng), adalah camilan khas Bandung yang gurih dan renyah. Biasanya disajikan dengan saus rujak atau saus kacang, Cireng sempurna untuk camilan sore atau sebagai pendamping minum teh.

Kuliner Bandung menawarkan berbagai macam hidangan yang tidak hanya enak tetapi juga unik. Setiap makanan mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner di kota ini, membuat Bandung menjadi destinasi wisata kuliner yang tak terlupakan.